RSUD Kudungga Kembali Siaga, Antisipasi Lonjakan Covid-19

Kaltim, Kutai Timur214 Dilihat

Sangatta – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga mengaku kembali bersiaga menghadapi potensi kemungkinan lonjakan kasus covid-19. Satu di antaranya dilakukan dengan penyiapan ruangan penanganan bagi pasien terkonfirmasi covid-19. Demikian diungkapkan langsung oleh Direktur RSUD Kudungga Kutim dr Yuwana Sri Kurniawati .

“Covid-19 memang kembali naik. Minggu lalu, ada seorang pasien masuk RS Kudungga, positif covid. Masuk pagi, sorenya meninggal. Minggu ini, kami masih ada merawat tiga orang pasien, yang masuk kategori sedang ataupun berat. Karena itu, kami kembali mempersiapkan semua fasilitas perawatan, mengantisipasi kemungkinan naiknya kembali pasien covid. Meskipun kami berharap, itu tidak terjadi lagi,” kata Yuwana, saat ditemui di Kantor DPRD Kutim (8/8/2022).

Diakui, selain yang dirawat, masih ada beberapa orang yang memang suspek covid, yang diisolasi mandiri. Karena menurut aturan terbaru, yang perlu perawatan hanya pasien kategori sedang dan berat. Sedangkan katergori ringat, cukup isolasi mandiri saja.

Bukan hanya fasilitas untuk perawatan pasien, RSUD Kudungga juga tengah kembali mempersiapkan asrama untuk perawat yang merawat pasien covid, seperti tahun lalu. Pihaknya akan kembali meminjam asrama Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) di Bukit Pelangi, untuk disiapkan untuk tempat perawat khusus covid.

“Kami mau minta kembali, karena dulu sudah kami kembalikan. Karena mau dipakai lagi, kami mau minta kembali untuk sewaktu-waktu digunakan para perawat,” Jelasnya

Meskipun dipastikan pasien yang mereka rawat tiga orang terinfeksi covid, namun pihaknya tidak bisa memastikan varian apa. “sebab untuk mengetahui variannya, harus dikirim ke Surabaya, dan itu memakan waktu sekitar dua minggu.” Tutupnya