Wabub Ajak Warga Kutim Bangun Kebersamaan Dalam Bentuk Apapun

Sangatta – Bupati dan Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) beserta seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada Rabu (1/6/2022) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, secara virtual, yang berlangsung di ruang meranti kantor Bupati Kutim.

Dalam peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2022 yang bertajuk “Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Kali ini, digelar secara terpusat dari Lapangan Pancasila Ende, kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang di pimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo (Jokowi) selaku Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila serta bisa mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

“Dari kota bersejarah, tempat Sang Proklamator Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, Kota Ende, Pancasila bukan hanya mempersatukan masyarakat, melainkan menjadi bintang penuntun ketika bangsa menghadapi ujian. Hal itu telah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara karena masyarakat berlandaskan Pancasila,” Kata Presiden RI Joko Widodo

Selain itu, Presiden pun meminta agar ada implementasi tata kelola pemerintahan yang menjiwai interaksi sesama anak bangsa. “Inilah tugas kita bersama. Tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah,”Ucap Presiden.

Sementara itu, usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, secara virtual Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang mengatakan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini ada makna yang terkadung secara mendalam, yang pertama kita bisa memaknai 5 Sila Pancasila kemudian yang kedua Binneka Tunggal Ika.

“Kita boleh berbeda, kita boleh memiliki warna yang berbeda dan adat istiadat yang berbeda namun kita harus tetap bersatu dalam koridor Bangsa Indonesia,” Ujar H Kasmidi Bulang

Menurutnya, sebagaimana di sampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa Pancasila tidak hanya sebagai perekat, melaikan juga merupakan simbol kebersamaan kita. “Dan ini harus tertanam di dalam jiwa kita semuanya,” imbuhnya

Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dirinya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kutim untuk memaknai Hari Kelahiran Pancasila untuk selalu membangun kebersamaan dalam bentuk apapun itu.

“Mau warna kita apapun itu, adat istiadat kita, mari kita terus bersama dalam suatu koridor Pancasila untuk membangun Kutai Timur demi kebersamaan kita. Demi kebangaan kita sebagai warga Kutai Timur,” Tutupnya (Jn)