Melalui Kodim 0909/KTM, MabesTNI Salurkan 5000 Bantuan Tunai ke Pedagang dan Nelayan

Kaltim, Kutai Timur432 Dilihat

Sangatta – Sebanyak 5000 warga Kutai Timur (Kutim) akan menerima program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan (BT-PKLWN) dari TNI tahun ini. Penyerahan bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman kepada perwakilan pedagang yang ada di Kota Sangatta. Peluncuran program BT-PKLWN TNI 2022 berlangsung di Aula Markas Komando (MaKodim) 0909/ Kutai Timur, Jumat (8/4/2022).

Dalam kesempatan itu, Dandim 0909/Kutai Timur Letkol Czi Heru Aprianto mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah dan Mabes TNI yang telah memberikan kepercayaan dan amanah kepada Kodim 0909/Kutai Timur untuk menyalurkan bantuan ini secara langsung kepada para Pedagang Kaki Lima, Warung dan Nelayan.

“Tentunya dengan adanya amanah ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami untuk melaksanakan penyaluran sesuai dengan peruntukan dan sasaran yang sudah di data dan di verifikasi oleh Kodim 0909/Kutai Timur,”Kata Letkol Czi Heru Aprianto

Karena itu, pihaknya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para Pedagang Kaki Lima, Warung dan nelayan yang ada di Kutai Timur. Terutama bisa meningkatkan usaha yang dilaksanakannya serta bisa memperbaiki perekonomian masyarakat akibat dampak Covid-19.

“Termaksud juga kemarin Kutai Timur khususnya Sangatta mengalami bencana Banjir dan tentunya bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya

Dijelaskannya rencananya dari 5000 alokasi bantuan itu, akan di salurkan ke 18 kecamatan melalui 7 Koramil. Seperti untuk Koramil Sangatta Utara yang terdiri dari Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Rantau Pulung, akan mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 1200 orang.

“dari 5000 penerima BT PKLWN ini terdiri dari 4394 orang  adalah Pedagang Kaki Lima dan Warung sedangkan untuk nelayan yang terdaftar terferivikasi sebanyak kurang lebih 600 orang. Dengan besaran bantuan Rp 600 ribu per orang,” Bebernya

Sementara itu, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengapresiasi skema bantuan tersebut. Pasalnya untuk Provinsi Kaltim, hanya Kutim yang dipilih untuk penyaluran bantuan tersebut. Mewakili masyarakatnya, Ardiansyah Sulaiman mengucapkan terima kasih kepada TNI secara umum, Pangdam VI Mulawarman dan jajarannya serta Kodim 0909/Kutai Timur selaku penyalur BT-PKLWN.

“Luar biasa karena sebelumnya hanya menerima 1500 (penerima bantuan) sekarang menerima 5000,” ujar Ardiansyah

Menurutnya bantuan tersebut sangat berarti. Apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini dan khususnya bagi masyarakat Kutim yang telah ter-dampak banjir beberapa waktu lalu. Bagi penerima, Bupati mengingatkan agar menggunakan bantuan itu untuk hal-hal yang sesuai kebutuhan, bukan hal lainnya.

Sementara itu, salah satu nelayan penerima bantuan BT-PKLWN Kasman mengaku sangat terbantu dengan adanya Bantuan Tunai yang disalurkan melalui Kodim 0909/Kutai Timur, Karena itu dirinya yang mewakili Kelompok Nelayan di Kelurahan Teluk Lingga mengucapkan terima kasih banyak kepada TNI.

“terima kasih kepada Kodim 0909/Kutai Timur yang sudah membantu kami khususnya para Nelayan, muda-mudahan bantuan tersebut bisa mengurangi beban kami terutama peralatan mesin dan alat tangkap kami,” Tutupnya