PPKM Turun ke Level 2, Pemkab Kutim Tetap Fokus Laksanakan Vaksinasi

Sangatta – Pemerintah pusat makin melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di sejumlah daerah di Indonesia, termaksud Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Meski sebelumnya sempat naik ke level 3, namun kini kembali turun ke level 2.

Meski PPKM Kutim sudah turun ke level 2, namun masyarakat tetap diminta untuk tetap mematuhi standar protokol kesehatan, seperti menggunakan masker serta mengikuti program vaksinasi yang telah dijalankan oleh pemerintah.

Ditemui usai memimpin rapat evaluasi PPKM di Kantor BPBD Kutim, Bupati Ardiansyah Sulaiman mengaku bersyukur Kutim kembali berada di level 2 PPKM. Namun ia menegaskan akan tetap fokus memaksimalkan vaksinasi untuk seluruh masyarakat Kutim.

Sesuai data saat ini, Kutim memvaksin masyarakatnya sebanyak 53,8 persen. Kemudian untuk lansia sebanyak hampir 25 persen dari jumlah penduduk yang ada di Kutim.

“Dari kemampuan Dinkes plus dengan PKM yang ada di kecamatan, nampaknya pergerakan vaksinasi perhari 1 persen. Setara 3000 vaksin,” kata Ardiansyah Sulaiman

Jadi, tambah Ardiansyah, Kutim tetap memaksimalkan kedatangan vaksin yang ada dan begerak terus sesuai rencana. Agar target vaksinasi tercapai sesuai intruksi Pemerintah Pusat. Dia menyebut PPKM level 2 ini setara dengan level 1. Kegiatan-kegiatan masyarakat seperti berdagang sudah diperbolehkan.

Tapi kapasitasnya mengacu kepada aturan 50 persen dan tetap menggunakan masker. (hms7/hms3/*)