Pemkab Kutim Gelar Apel Gabungan Karhutla 2021

Kaltim, Kutai Timur163 Dilihat

Sangatta – Sebelum memasuki musim kemarau, puluhan organisasi pemadam kebakaran, BPBD, termaksud TNI dan Polri, menggelar apel gabungan Karhutla 2021, untuk memastikan kesiapan seluruh elemen dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), yang digelar di halaman Kantor Bupati Kutim Senin (8/2/2021).

Dalam apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutim Kasmidi Bulang itu. Berbagai peralatan pemadam kebakaran juga ditampilkan seperti, pompa air, skop hingga beberapa unit kedaraan pemadam kebakaran.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengatakan dengan adanya apel gubungan karhutla ini, merupakan salah satu moment yang paling baik untuk bisa melakukan evaluasi bersama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di willayah Kutim.

“Serta bisa menjadi pijakan untuk optimalisasi upaya pencegahan kebakara hutan dan lahan di masa-masa mendatang. Sebab, tantangan yang sangat berat adalah memberikan penyadaran untuk kita  bekerja bersama-sama, demi mengoptimalkan upaya pencegahan kebakaran melalui peningkatan peran para pihak termaksud didalamnya pemberdayaan masyarakat,” kata kasmidi Bulang dalam sambutannya

Untuk itu dalam kesempatan tersebut dirinya menekankan harus ada komitmen bersama dalam melakukan pengendalian karhutla. “mulai saat ini kita semua harus bekerja sama, serta tidak mementikan kepentingan kelompok atau individu. Karena hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam hal penaggulangan kebakaran hutan dan lahan.” Jelasnya

Usai menggelar Apel Gabungan Plt Bupati Kutim menyerahkan beberapa perlengkapan pemadam kebakaran kepada sejumlah pihak seperti, kepada masyarakat peduli api, Polres Kutim, Kodim 09/09 Sangatta, Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Camat Kongbeng, Camat Kaliorang, Camat Rantau Pulung, Camat Teluk Pandan, Camat Bengalon.

Selain itu, ada 12 unit mobil patroli kebakaran hutan dan lahan juga diberikan kepada sejumlah seperti Kecamatan Kongbeng, Kaliorang, Bengalon, Karangan, Batu Ampar, Muara Wahau, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan Sangkulirang.

Serta 16 motor patroli kebakaran hutan dan lahan juga diserahkan pada Kepala Satpol PP Kutim Timur, Kepala Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Camat Konbeng, Camat Kaliorang, Camat Rantau Pulung, Camat Bengalon, Camat Teluk Pandan. Semua kendaraan dan peralatan kelengkapan sebagai dukungan fasilitas pencegahan kebakaran hutan dan lahan.