AS-KB Akan Lanjutkan Program Ismu –KB, Terutama Jalan

Kaltim, Kutai Timur203 Dilihat

Sangatta>>>Meskipun  Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim)  masih tetap pada kepemimpinan Kutim 2021  hingga lima tahun ke depan, namun tidak semua program lama, terutama program tahun jamak yang digarap Ismu –KB, akan dilanjutkan oleh AS-KB (Ardiansyah Suleman-Kasmidi Bulang). Sebab menurut Kasmini Bulang,  pihaknya juga akan lebih realistis melihat kondisi keuangan Kutim sekarang ini.

“Makanya, kami dalam waktu dekat ini, akan mengevaluasi program  atau proyek, mana yang sudah diselesaikan Ismu-KB, mana yang belum. Dari yang belum dikerjakan atau belum tuntas, mana yang akan dilanjutkan mana yang  tidak,” katanya.

Hanya, yang pasti akan dilanjutkan adalah jalan penghubung antar kecamatan, antar desa. Seperti  Jalan Ngayau Malupan-Senamba,  karena jalan ini  menghubungkan beberapa desa, maka tentu akan dilajutkan. Tapi, kalau dulu diprogramkan untuk jalan cor, namun karena kondisi keuangan, maka sekarang  khusus untuk tahun 2021, akan diagregata saja. Yang penting,  jalan keras, dalam kondisi  hujan pun bisa dilalui kendaraan dengan aman.

Demikian pula dengan jalan di Manubar. Ini juga akan dilanjutkan, karena  menghubungkan beberapa desa. Termasuk jalan di Sekerat,  lewat Selangkau, juga menghubungkan beberapa desa, sehingga perlu dilanjutkan. “Jadi intinya, kalau jalan, akan dilanjutkan. Tapi program yang lain, termasuk bandara, itu akan dievaluasi. Kita akan menunggu  enclave. Kalau Enclave sudah selesai, maka  bandara akan kembali diprogramkan,” katanya.

Diakui,  perlunya melakukan evaluasi  proyek yang akan dilanjutkan karena masih banyak proyek yang  lebih mendesak yang akan dikerjakan. Termasuk dalam kota Sangatta Utara dan Saangatta Selatan.  Terutama Sangatta Selatan, yang tertinggal, karena beberapa tahun lalu tidak boleh dibangun, namun kini sudah bisa, karena masuk dalam enclave 7000 hektare lebih.

Sementara untuk Sangatta Utara, yang paling mendesak adalah pembangunan drainase, yang perlu dituntaskan.  Sebab, meskipun sudah ada yang terbangun, namun masih  banyak yang belum nyambung, sehingga perlu diselesaikan untuk mengatasi banjit yang sering terjadi akibat hujan lebat.(jn)