Tahun Ini, Pemkab Kutim Usulkan 11 Desa Persiapan

Kaltim, Kutai Timur192 Dilihat

Sangatta…Pemerintah Kutai Timur (Kutim) melalui Bagian Tata Pemerintah Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutim, telah menyelesaikan penyusunan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) untuk pengusulan pembentukan 11 desa persiapan menjadi desa Definitif.

Bahkan kini draf raperda usulan 11 desa persiapan tersebut, kini telah diserahkan Bagian Tata Pemerintah Setkab Kutim ke Bagian Hukum Setkab Kutim.

“Alhamdulillah, bagian Pemerintah Setkab Kutim telah menyelesaikan yang menjadi tahapan pembentukan desa, mulai desa persiapan hingga usulan menjadi desa definitif dari 11 Desa persiapan yg di usulkan. Draf Raperda tersebut sudah kami sampaikan ke Bagian Hukum Setkab Kutim”. sebut Kepala Bagian Tata Pemerintah Setkab Kutim, Joko Suripto.

Selain itu, setelah Bagian Tata Pemerintahan menyelesaikan penyusunan draf Raperda dan diserahkan ke Bagian Hukum Setkab Kutim. untuk selanjutnya mekanisme penggodokan akan dilakukan di Bagian Hukum, sebelum akhirnya akan diserahkan ke DPRD Kutim, guna dibahas dalam sebuah Panitia Khusus (Pansus) Raperda Usulan Pembentukan 11 Desa Definitif di Kutim.

Dirinya berharap, proses pengusulan 11 desa persiapan ini bisa berjalan lancar dan segera selesai, sebelum akhir tahun ini. “Karena sudah diserahkan ke Bagian Hukum, maka selanjutnya mekanisme ada Bagian Hukum yang akan melanjutkan ke DPRD Kutim, untuk nantinya dibahas oleh Pansus Raperda. Jadi penyerahan draft Raperdanya terhitung hari 25 Agustus lalu. Kami berharap prosesnya berjalan lancar dan bisa segera di rampungkan, sebelum akhir tahun ini,” ujar Joko.

Berikut nama-nama 11 Desa persiapan yg diusulkan :

1. Desa persiapan  Jabdan Kecamatan Muara Wahau,

 2. Desa persiapan Pinang Raya Kecamatan Sangatta Selatan,

 3. Desa persiapan Bukit Pandan Jaya Kecamatan Teluk Pandan,

4. Desa persiapan Sekurau Atas Kecamatan Bengalon,

5. Desa persiapan Tepian Raya Kecamatan Bengalon,

6. Desa persiapan Tepian Budaya Kecamatan Bengalon,

7. Desa persiapan Tepian Madani Kecamatan Bengalon,

8. Desa persiapan Miau Baru Utara Kecamatan Kongbeng,

9. Desa persiapan Parianum Kecamatan Muara Bengkal,

10. Desa persiapan Kerayaan Bilas Kecamatan Sangkulirang,

11. Desa persiapan Kelinjau Tengah Kecamatan Muara Ancalon.