Antisipasi Dampak Covid-19, Pemkab Kutim Launching Kampung Tangguh Nusantara

Kaltim, Kutai Timur140 Dilihat

Sangatta…Untuk mencegah dampak penularan wabah virus corona (covid-19) di Kabupaten Kutai Timur, Plt Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang beserta Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo pagi tadi secara resmi melaunching kampung tangguh Nusantara di Desa Singkama Bersatu Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur pagi tadi (26/08/2020) yang ditandai dengan bunyi serine.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo mengaku jika pembentukan kampung tangguh di Kutai Timur merupakan perintah langsung dari Kapolri dan Kapolda Kaltim, dengan tujuan agar masyarakat secara swadaya bisa menjaga diri dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

“Kemudian dalam menghadapi pandemi covid-19 ini, terutama dalam mengahadapi kesulitan ekonomi kedepan, dan hingga krisis pangan. Masyarakat diharapkan secara swadaya maupun swakarsa bisa melaksanakan program ketahanan pangan, sehingga kita bisa di jauhkan dari krisis pangan dan kita semua bisa melalui kesulitan ini”. Jelasnya kepada sejumlah awak media.

Selain itu, AKBP Indras Budi Purnomo juga mengaku jika hingga saat ini ada 5 program Kampung Tangguh yang dibentuk di lima Kecamatan yakni Kongbeng, Muara Wahau, muara bengkal, Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

“Jadi tidak hanya sekedar di launcing hari ini, nantinya juga kita akan tetap melakukan peninjauan dan pendampingan, terutama dari Desa”. Jelasnya

Sementara itu, Plt Bupati Kutim Kasmidi Bulang mengaku ditengah keterbatasan yang kita hadapi saat ini akibat pandemi wabah virus corona, alhamdulillah melalui binaan Bhabinkamtibmas dan babinsa, camat hingga desa, sudah melakukan terobosan yang sangat luar biasa.

“Tadi kita juga sudah memanen padi secara langsung, dan kita juga menanam kacang panjang serta kita juga memanen ikan. Semua ini merupakan bagian kerja-kerja kita untuk menanggulangi pasca Covid-19”. Imbuhnya

Lebih Lanjut, Plt Bupati Kutim Kasmidi juga berdoa agar program-program seperti ini selalu ada. Sehingga kita tidak mengalami ketergantungan dalam masa pandemi wabah virus corona ini.

Untuk diketahui, dalam acara Launching Kampung Tangguh Nusantara di Desa Singkama Bersatu Kecamatan Sangatta Selatan, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur juga membagikan beberapa bantuan paket sembako dan membagikan masker TNI/Polri kepada warga setempat.