Ditengah Pandemi, Faizal Rahman ; Sektor Pangan Juga Perlu di Perhatikan Pemerintah

Sangatta…Setelah Pemerintah Pusat menetapkan pandemi wabah virus corona sebagai bencana nasional dan mewajibkan seluruh pemerintah daerah untuk melakukan pergeseran anggaran untuk penanganan dan pencegahan wabah virus corona. Nampaknya juga mendapatkan perhatian serius dari Ketua Komis B DPRD Kutim Faizal Rahman.

Menurut Faizal Rahman dalam masa pandemi wabah virus corona sebaiknya pemerintah lebih memfokus diri dalam tiga hal penanganan yakni penularan wabah, bantuan sosial dan ekonomi masyarakat.

“Item perbaikan ekonomi masyarakat itu adalah bagaimana menopang terhadap ketahanan ekonomi kalau wabah ini berkelanjutan kita tidak tahu sampai kapan ini akan berlangsung. Ketahanan pangan di berbagai tempat menjadi program prioritas di setiap daerah”. Bebernya

Untuk itu, dirinya meminta pemerintah dalam melakukan realokasi juga harus memperhatikan sektor pangan. “Saya rasa bukan hanya padi saja ada petani sayuran yang juga bisa kita berdayakan dan kita tambah luas lahan untuk becocok tanam yang awalnya 1 hektare paling tidak kita bisa menambahkan area lahan penanamannya dan pemerintah ikut berperan serta,” ungkap Faizal.

“Tadi sore saya berkonsultasi juga dengan bapak bupati sekaligus menyarankan melalui diskusi ringan, saya minta keseriusan pemerintah dan sepertinya itu sudah dialokasikan anggaran untuk pengadaan pupuk, bibit-bibit pertanian dan mensupport petani kita.

Pemerintah sekarang konsen merelokasikan anggaran untuk penanganan covid-19 berapa nanti yang di poskan untuk ke pemulihan ekonomi, berapa di poskan untuk ketahanan pangan juga”. Jelasnya (ADV/*/TK)