Sambagi Toraja, Pemkab Kutim dan DPRD Kagumi Keindahan dan Budaya Toraja

Parlementaria313 Dilihat

Toraja…Wakil Bupati Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, Kasmidi Bulang, berkunjung ke Toraja Utara, Selasa, 18 Februari 2020.

Dia membawa serta Wakil Ketua DPRD Kutai Timur, Wakapolres Kutai Timur, dan sekitar 300-an anggota rombongan. Kunjungan ini dilakukan untuk menjalin kerjasama di bidang pariwisata.

Kedatangan Wakil Bupati Kutai Timur dan rombongan ini disambut hangat oleh pemerintah kabupaten Toraja Utara. Asisten I, Samuel Samperompon didampingi oleh Asisten III, Simbong Ranggina, mewakili bupati Toraja Utara menerima rombongan di Objek Wisata Ke’te Kesu’.

Rombongan Wabup Kutai Timur ini tiba di Toraja Utara langsung menuju ke Objek Wisata To’ Tombi, Lolai, Kecamatan Kapalapitu untuk menikmati pemandangan Negeri di Atas Awan yang terkenal itu. Setelah itu, rombongan mengunjungi objek wisata religi Buntu Burake di Makale, Tana Toraja. Sebelum ke Burake, Wabup Kutai Timur dan rombongan dijamu sarapan pagi di rumah jabatan Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara.

Asisten I Setda Toraja Utara, Samuel Samperompon mengaku bangga dan terhormat atas kunjungan pemerintah kabupaten Kutai Timur tersebut. “Selamat datang kepada Bapak Wakil Bupati dan rombongan Pemkab Kutai Timur. Kami merasa bangga atas kunjungan ini dan kami menilai banyak persamaan antara Toraja Utara dengan Kutai Timur,” kata Samuel.

Samuel juga tak lupa mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada masyarakat Kutai Timur yang telah memberikan kepercayaan kepada 7 putra putri Toraja mengabdi sebagai anggota DPRD Kutai Timur.

“Harapan kami ke depan bisa terjalin kerjasama di bidang sosial budaya dan pemerintahan. Kami juga berharap Pemkab Toraja Utara dapat membalas kunjungan ini,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, mengatakan tujuan kedatangan mereka ke Toraja Utara adalah untuk menjalin kerja sama di bidang pariwisata.

Dia juga mengungkapkan kekagumannya atas keindahan alam dan budaya Toraja yang masih terpelihara dengan baik.

“Setelah dari sini, saya beserta rombongan akan terus ke Pinrang dalam rangka HUT Kabupaten Pinrang. Setelah mengunjungi beberapa objek wisata, saya sangat mengagumi akan keindahan panorama dan budaya Toraja,” tutur Kasmidi, yang dikenal dengan dekat dengan etnis Toraja di Kalimantan Timur. (ADV/TK)