Suparjan ; IPA Kabo Masih Jauh Dari Intrusi Air Laut

Tak Berkategori137 Dilihat

Sangatta…Meski sebelumnya sejumlah warga di sepanjang sungai sangatta sempat di keluhkan dengan adanya instrusi air laut yang sudah mulai masuk ke Sungai Sangatta. Namun Direktur Perusahaan Air Minum Daerah atau PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta Suparjan memastikan jika intrusi air laut tersebut masih jauh dari IPA Kabo Jaya.

Bahkan suparjan mencontohkan kejadian pada tahun 2015 lalu, intrusi air laut juga sempat mengancam pasokan air bersih di IPA Kabo Jaya yang hanya tinggal berjarak berkisar sekitar 4 Kilometer. Namun karena keberadaan IPA Kabo jaya dengan muara sungai sangatta, masih memiliki perbedaan ketinggian diatas 6 meter. Sehingga meski terjadi intrusi air laut di sungai sangatta akan sulit sampai ke IPA Kabo Jaya.

Bahkan jika seandainya terjadi musim kemarau panjang, dan intrusi air laut sampai ke IPA Kabo, maka mau tidak mau PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta akan memasang bendungan karet di sungai sangatta, untuk menahan intrusi air laut sampai ke IPA Kabo Jaya.

Lebih lanjut suparjan menambahkan biasanya intrusi air laut yang terjadi di sungai sangatta, tidak terus terjadi sepanjang hari, namun intrusi air laut itu juga mengikuti pasang surutnya air laut, tiap per 6 jam dalam sehari. Sehingga keberadaan IPA Kabo akan cukup sulit untuk di jangkau intrusi air laut, terkecuali terjadi musim kemarau panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *